Minggu, 29 Maret 2015

WAWASAN NASIONAL SUATU BANGSA, TEORI KEKUASAAN DAN TEORI GEOPOLITIK

PengertianWawasanNasional
     WawasanNasionaladalah carapandangsuatubangsa yang telahmenegaratentangdiridanlingkungannyadalameksistensinya yang serbaterhubung (interaksi&interelasi) sertapembangunannya di dalambernegara di tengah-tengahlingkungannyabaiknasional, regional, maupun global. 
         Suatunegaradanbangsaakanterikateratapabilaadapemahaman yang mendalamtentangperbedaandalamnegaraataubangsaitusebagaianugrah, yang padaakhirnyaakanmemperkayakhasanabudayanegaraataubangsatersebut. Disampingitu, perbedaaninimerupakansatutitik yang sangatrentanterhadapperpecahanjikatidakdiberikanpemahamanwawasannasionaldanwawasannusantara yang tepatbagibangsadannegara.Dalamkehidupanberbangsadanbernegarakeanekaragaman (pendapat, kepercayaan, hubungan, dsb) memerlukansuatuperekat agar bangsa yang bersangkutandapatbersatugunamemeliharakeutuhannegaranya.
Suatubangsadalammenyelengarakankehidupannyatidakterlepasdaripengaruhlingkungannya, yang didasarkanatashubungantimbalbalikataukait-mengaitantarafilosofibangsa, idiologi, aspirasi, dancita-cita yang dihadapkanpadakondisisosialmasyarakat, budayadantradisi, keadaanalamdanwilayahsertapengalamansejarah. Upayapemerintahdanrakyatmenyelengarakankehidupannya, memerlukansuatukonsepsi yang berupaWawasanNasional yang dimaksudkanuntukmenjaminkelangsunganhidup, keutuhanwilayahsertajatidiri.
PAHAM KEKUASAAN
pahamkekuasaan yang kitakenalselamainimemberikansuatuimpulsuntukmenciptakansuatu formula pengaturankenegaraan yang sejatinyamembutuhkan  koreksi di berbagaisisi.
dibawahiniadalahbeberapapahamkekuasaan yang kitakenal:
1. machiavelli
pahaminimemandangharusadanyasuatukekuatanpolitik yang besargunamempertahankankedigdayaansuatunegara. adabeberapacarauntukmemeliharastabilitaspolitikyaitu:
- penghalalan  segalacarauntukmempertahankandanmerebut  kekuasaan
- menjagaeksistensikekuasaanrezim, termasukmembenarkanpolitikDevide Et Impera
- pertahananpolitikdenganadukekuatan, siapa yang kuatdia yang bertahandansebaliknyasiapa yang lemahdia yang tersingkir
2. pahamkaisar Napoleon Bonaparte
Napoleon merupakanpenganutpaham Machiavelli, diamenambahkanbahwasannyauntukmempertahankansuatunegaradiperlukandukunganpenuhdarikondisisosialbudayaberupapenciptaanilmupengetahuandanteknologisehinggamampumelahirkankondisipertahanandankeamanan yang solid.
3. JenderalCausewitz
pandanganiniadalahsuatudasardariperangdunia I dimanaperangdianggapsebagaisuatuhal yang harusdilakukanuntukmempertahankankekuasaandanpencapaiantujuannasionalsuatunegara. pahamini pula yang melegitimasiusahaekspansiRusiadalammemperluaskekuasaannya.
TEORI-TEORI GEOPLOTIK 
1). RiederichRatzel
There is in this small planet, sufficient space for only one great state. itulahsemboyandarifrederichRatzel yang terkenal. teorimenyatakanbahwa :
  • Pertumbuhannegaradapatdianalogikan (disamakan) denganpertumbuhanorganisme (mahlukhidup) yang memerlukanruanghidup, melalui proses lahir, tumbuh, berkembang, mempertahankanhiduptetapidapatjugamenyusutdanmati.
  • Negara identikdengansuaturuang yang ditempatiolehkelompokpolitikdalamartikekuatan. Makin luaspotensiruangmakinmemungkinkankelompokpolitikitutumbuh (teoriruang)
  • Suatubangsadalammempertahankankelangsunganhidupnyatidakterlepasdarihukumalam. Hanyabangsa yang unggul yang dapatbertahanhidupterusdanlanggeng.
  • Semakintinggibudayabangsasemakinbesarkebutuhanataudukungansumberdayaalam. Apabilatidakterpenuhimakabangsatsbakanmencaripemenuhankebutuhankekayaanalamdiluarwilayahnya (ekspansi). Apabilaruanghidupnegara (wilayah)sudahtidakmencukupi, makadapatdiperluasdenganmengubahbatasnegarabaiksecaradamaimaupundengankekerasan/perang.
2.) James Burnham
James Burnham adalahseorangpionirdalampengembangangeopolitikantikomunismesebuahaksiomageopolitikbahwajikaadasatudayaberhasilmengatur [Eurasia] Heartland danhambatanluar, kekuatanitupastiakanmenguasaidunia.”
3.) Karl Haushofer (1896-1946)
pendapatiniberkembang di Jermandinawahkekuasaaan Adolf Hitler, berkembang pula di JepangberupaajaranHakoIchiu yang berlandaskanmliterismedanpahamfasisme. pokokteori Haushofer yaitu:
  •    Suatubangsadalammempertahankanhidupnyatidakterlepasdarihukumalam, sehinggahalinimenjuruspadaekspansionisme. 
  •    Kekuasaan imperium daratan yang kompakakandapatmenandingikekuasaan imperium Maritimdalampenguasaanlaut. 
  •      BeberapanegarabesarduniaakanmenguasaiEropa, Afrika, Asia Barat, Asia Timur Raya.


 1.      Paham Kekuasaan Bangsa Indonesia
Bangsa Indonesia yang berfalsafahdanberideologiPancasilamenganutpahamtentangperangdandamai:”Bangsa Indonesia cintadamai, akantetapilebihcintakemerdekaan.” Wawasannasionalbangsa Indonesia tidakmengembangkanajarantentangkekuasaandanadukekuatan, karenahaltersebutmengandungbenih-benihpersengketaandanekspansionisme.
               Ajaranwawasannasionalbangsa Indonesia menyatakanbahwa: ideologidigunakansebagailandasanidiildalammenentukanpolitiknasional, dihadapkanpadakondisidankonstelasi geografi Indonesia dengansegalaaspekkehidupannasionalnya. Tujuannyaadalah agar bangsa Indonesia dapatmenjaminkepentinganbangsadannegaranya di tengah-tengahperkembangandunia.
2. Geopolitik Indonesia
               Pemahamantentangkekuatandankekuasaan yang dikembangkan di Indonesia didasarkanpadapemahamantentangpahamperangdandamaisertadisesuaikandengankondisidankonstelasigeografi Indonesia.Sedangkanpemahamantentang Negara Indonesia menganutpaham Negara kepulauan, yaitupaham yang dikembangkandariasas archipelago yang memangberbedadenganpemahaman archipelago di negara-negara Barat padaumumnya.
Perbedaan yang esensialdaripemahamaniniadalahbahwamenurutpaham Barat, lautberperansebagai “pemisah” pulau, sedangkanmenurutpaham Indonesia lautadalah “penghubung” sehinggawilayah Negara menjadisatukesatuan yang utuhsebagai “Tanah Air” dandisebut Negara Kepulauan.
3. DasarPemikiranWawasanNasional Indonesia
               Dalammenentukan, membina, danmengembangkanwawasannasionalnya, bangsa Indonesia menggalidanmengembangkan  darikondisinyata yang terdapat di lingkungan Indonesia sendiri. WawasanNasional Indonesia dibentukdandijiwaiolehpemahamankekuasaanbangsa Indonesia yang berlandaskanpemikirankewilayahandankehidupanbangsa Indonesia.Karenaitu, pembahasanlatarbelakangfilosofissebagaidasarpemikiranpembinaandanpengembanganwawasannasional Indonesia ditinjaudari:
·        LatarbelakangpemikiranberdasakanfalsafahPancasila.
·        Latarbelakangpemikiranaspekkewilayahan Nusantara.
·        Latarbelakangpemikiranaspeksosialbudayabangsa Indonesia.
·        Latarbelakangpemikiranaspekkesejarahanbangsa Indonesia.
WAWASAN NASIONAL
WawasanNasional, yang di Indonesia disebutsebagaiWawasan Nusantara, padadasarnyamerupakancarapandangterhadapbangsasendiri. Kata “wawasan” berasaldari kata “wawas” yang beartimelihatataumemandang (S. Sumarsono, 2005).
Setiap Negara perlumemilikiwawasannasionaldalamusahamenyelenggarakankehidupannya.Wawasanitupadaumumnyaberkaitandengancarapandangtentanghakikatsebuah Negara yang memilikikedaulatanataswilayahnya. Fokuspembicaraanpadaunsurkekuasaandankewilayahandisebut “geopolitik”.
Dalamkonteksteori, telahberkembangbeberapapandangangeopolitiksepertidilontarkanolehbeberapapemikir di bawahinidalam S. Sumarsono (2005, hal 59-60)
  • Pandangan/ajaranFrederichRatzel
    • Negara merupakansebuahorganisme yang hidupdalamsuaturuanglingkuptertentu, bertumbuhsampaiakhirnyamenyusutdanmati
    • Negara adalahsuatukelompokpolitik yang hidupdalamsuaturuangtertentu.
    • Dalamusahamempertahankankelangsunganhidupnyasebuahbangsatidakbisalepasdarialamdanhukumalam.
    • Semakintinggibudayasuatubangsamakasemakinbesarkebutuhannyaakansumberdayaalam.
  • Pandangan/ajaran Rudolf Kjellen
    • Negara merupakansuatuorganismebiologis yang memilikikekuatanintelektual yang membutuhkanruanguntukbisaberkembangbebas.
    • Negara merupakansuatusisempolitik (pemerintahan)
    • Negara dapathiduptanpaharusbergantungpadasumberpembekalandariluar. Iadapatberswasembadadanmemanfaatkankemajuankebudayaandanteknologinyasendiriuntukmembangunkekuatannyasendiri.

4 komentar: